WR (9) : Masjid Al Aqsa Palestina

Isra mi’raj merupakan peristiwa yang bersejarah bagi umat Islam. Bukan hanya karena peristiwa tersebut sudah berlangsung berabad lalu. Namun, karena isra mi’raj menjadi penanda turunnya perintah salat lima waktu. Pun tak lengkap rasanya jika memeringati peristiwa isra mi’raj tanpa sekilas menilik tempat-tempat bersejarah yang terkait dengannya. Salah satunya yaitu Masjid Al Aqsa.Masjid Al Aqsa juga menjadi salah satu dari tiga masjid yang mempunyai keutamaan bagi umat Islam. “Janganlah kalian menempuh perjalanan jauh kecuali menuju ke tiga masjid: masjidku ini (Masjid Nabawi), masjid Al Haram, dan masjid Al Aqsha” (HR. Bukhari no. 1115 dan Muslim no. 1397).

Masjid yang terletak di Yerusalem, Palestina ini pertama didirikan oleh Khalifah Umar bin Khattab. Saat itu, Masjid Al Aqsa masih berukuran kecil sebab dulu menjadi tempat Rasulullah mengimami salat berjamaah sebelum peristiwa isra mi’raj terjadi. Setelah itu, di tangan Khalifah Umayyah Abdul Malik dan Al-Wali bin Abdul Malik, masjid ini mengalami pembangunan kembali.

Sejak tahun 705 masehi hingga sekarang, Masjid Al Aqsa beberapa kali mengalami renovasi dan proses rekonstruksi akibat mengalami kerusakan pasca gempa terjadi. Lalu pada tahun 1922 Masjid Al Aqsa mengalami renovasi modern, seperti penguatan pondasi masjid dan perbaikan pilar. Masjid yang tadinya berukuran kecil pun kini dapat menampung ribuan hingga ratusan ribu jamaah. Selain itu, arsitek yang didatangkan dari Inggris menambahkan ornamen-ornamen dari masa Dinasti Fatimiyyah pada dinding-dinding masjid ini. Bahkan kubah masjid ini menjadi awal ciri khas arsitektur Islam yang berwarna perak dengan lapisan terbuat dari timah.

Sejak pertama kali dibangun, Masjid Al Aqsa beberapa kali mengalami percobaan penghancuran. Alasannya karena orang Yahudi menganggap bahwa di dalam Masjid Al Aqsa ada kuil Sulaiman. Sebuah kuil yang mereka anggap lambang kekuatan sekaligus bentuk pengakuan atas bangsa mereka. Bahkan pada 21 Agustus 1969 seorang pria berkebangsaan Australia mencoba membakar masjid ini. Peristiwa tersebut membakar seluruh tembok dan mimbar masjid. Hingga saat ini, Masjid Al Aqsa dikepung oleh tentara Israel dan masyarakat Palestina tidak dapat leluasa mendatanginya.

Referensi:
– “http://katalogwisata.com/3-tempat-utama-bagi-kaum-muslimin-…“, diakses pada tanggal 14 April 2018.
– Fadhli, Aulia. 2015. Ensiklopedia Masjid-masjid Paling Menakjubkan dan Berpengaruh di Dunia. Yogyakarta: Istana Media.
– Nurcahyo, Danang Budi. 2012. Ensiklopedia Masjid Mengenal Sejarah Masjid di Dunia. Yogyakarta: Pustaka Albana.
– Sasongko, Agung. 2018. Israel Klaim Fondasi Istana Sulaiman Ada di Masjid Al-Aqsha. Diakses pada tanggal 14 April 2018 dari “http://khazanah.republika.co.id/…/p66pyr313-israel-klaim-fo…

© Fajr Studio
Masjid Mardliyyah UGM

Ikuti akun Masjid Mardliyyah UGM:
🖥 facebook.com/FOSDAMMrdliyyah/
🎥 youtube.com/c/MasjidMardliyyahUGM
📷 instagram.com/mmardliyyahugm/
🎙 t.me/mmardliyyahugm
📲 line.me/R/ti/p/%40nsb2585g
🌐 mardliyyahugm.com
📞 081225334282

#WisataReligi #MMWisataReligi #April2018 #Masjidpalestina #MasjidAlAqsa #Savepalestina #prayforgaza #FajrStudio #MasjidMardliyyahUGM #backtomasjid #mosqueoftheworld #architecture #mosquetraveler #indonesianmosque #travel #Graphicdesign #design

Posted in Artikel Fajr Studio, Reportase, Rihlah, Wisata Religi and tagged , , , , , , , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *