Press Release Tabligh Akbar 2: Rahasia dan Tips Sehat di Bulan Ramadhan

Oleh : Adhina

Ahad, 29 April 2018 telah berlangsung Tabligh Akbar “Rahasia dan Tips Sehat di Bulan Ramadhan” di ruang utama Masjid Mardliyyah UGM yang dibersamai oleh:

Ustadz dr. Agung Panji Widiyanto

Diawal penyampaiannya, pemateri memaparkan kaidah penting dalam beragama bahwa apa-apa yang ditetapkan dalam agama adalah mendatangkan maslahat dan menolak keburukan. Dan segala maslahat tersebut tidak dapat diketahui manusia secara menyeluruh.

Lewat syariatnya, Allah mengatur syariat dalam agama islam bukan semata untuk kehidupan dunia, melainkan akhiratlah yang menjadi tujuan utama. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Qasas ayat 60 :

“Dan apa saja (kekayaan, jabatan, keturunan) yang diberikan kepada kamu, maka itu adalah kesenangan hidup duniawi dan perhiasannya; sedang apa yang di sisi Allah adalah lebih baik dan lebih kekal. Tidakkah kamu mengerti?”

Ancaman bagi seseorang yang mengamalkan agama untuk tujuan dunia diantaranya terdapat pada QS. Hud ayat 15 dan 16 bahwa apa-apa yang diharapkan akan didapatkan, namun di akhirat tidak akan mendapatkan sesuatu, melainkan neraka dan kesia-siaan.

Oleh karena itu, kita harus mengerti bahwa beribadah, termasuk berpuasa, yang benar harus dilandasi rasa ikhlas karena Allah dan sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad.

Terdapat beberapa manfaat yang didapatkan dari berpuasa yang telah terbukti secara ilmiah, diantaranya adalah sebagai detoksifikasi, menyehatkan jantung, mengurangi risiko diabetes, mengurangi risiko kanker, menjaga berat badan, serta manfaat lainnya.

Jadikanlah manfaat-manfaat yang didapatkan dari berpuasa ini sebagai pendukung dan penyemangat. Sebagai muslim, sebaiknya kita yakini saja, bahwa semua syariat yang diperintahkan Allah Swt. adalah untuk kebaikan di dunia & akhirat. Jangan sampai manfaat tersebut membuyarkan mindset kita untuk beribadah kepada Allah. Oleh karena itu, dapat atau tidaknya keuntungan duniawi tidak menjadi permasalahan yang besar bagi kita.

Semoga dengan diselenggarakannya Tabligh Akbar kali ini kita mampu untuk meluruskan kembali niat kita dalam beribadah, termasuk berpuasa, ikhlas karena Allah, untuk mencapai tujuan tertinggi: yakni akhirat. ✨

Download File PPT : Sehat Puasa

Posted in Ramadhan Berkah Mardliyyah, Reportase and tagged , , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *