WR (11) : Masjid Mataram Kotagede Yogyakarta, Masjid Tertua Di Yogyakarta

Apakah kalian tahu masjid tertua di Yogyakarta? Apakah Masjid Gedhe Kauman? Ataukah Masjid Pathok Negoro? Masjid yang tertua di Yogyakarta bukanlah kedua masjid tersebut. Masjid tertua di Yogyakarta adalah Masjid Mataram Kotagede. Masjid ini dibangun tahun 1587 oleh Panembahan Senopati Sutowijaya, pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Mataram.

Dibangun pada masa Kerajaan Mataram, membuat Masjid Mataram Kotagede tidak terlepas dari pengaruh kerajaan tersebut. Masjid Mataram Kotagede dibangun oleh Panembahan Senopati Sutawijaya untuk menyiarkan agama Islam. Beliau mengikuti Jejak sang ayah, Ki Ageng Pamenahan yang mendirikan langgar di Alas Mentaok untuk menyiarkan agama Islam di wilayah Jawa bagian selatan yang saat itu belum mengenal Islam.

Keunikan Masjid Mataram Kotagede terletak pada bentuk arsitekturnya yang masih kental dengan nuansa keraton. Atap masjid ini bertumpuk dua dengan ujungnya berbentuk gada serta ditopang dengan empat tiang. Atap tersebut melambangkan lima rukun Islam, gada melambangkan syahadat, serta empat tiang melambangkan salat, puasa, zakat, dan haji. Namun, ketika memasuki halaman masjid, kita akan melihat bentuk gapura yang begitu khas dengan bangunan umat Hindu dan Budha. Hal ini bertujuan untuk menghargai masyarakat setempat yang masih memeluk agama Hindu. Pun saat itu masyarakat Hindu setempat ikut membangun masjid ini.

Masjid Mataram Kotagede mempunyai beduk yang telah berusia ratusan tahun. Beduk ini dibuat langsung oleh rakyat setempat, terutama kaum pria. Selain beduk, di dalam masjid ini juga terdapat mimbar yang terbuat dari kayu wrungle serta merupakan hadiah dari Adipati Palembang.

Selain itu, Masjid Mataram Kotagede mempunyai prasasti yang menceritakan bahwa masjid ini dibangun dalam dua tahap. Tahap pertama dibangun oleh Panembahan Senopati Sutowijaya yang membangun ruang inti masjid. Serta Sultan Agung yang membangun serambi dan kolam yang terletak di halaman masjid. Sementara tahap kedua dilakukan oleh Pakubuwono X, Raja Kasunanan Surakarta, pada tahun 1926. Saat itu, organisasi Muhammadiyah mengusulkan kepada raja untuk memperluas masjid ini. Atas persetujuan Raja Kerajaan Yogyakarta dan Raja Kasunanan Surakarta yang saat itu memerintah di Kotagede, masjid ini pun mengalami perluasan. Serta adanya penambahan emperan di serambi masjid. Mengalami dua tahap pembangunan membuat masjid ini terlihat berbeda, terutama di bagian tembok yang mengelilingi masjid.

Hingga saat ini, Masjid Mataram Kotagede masih ramai. Selain untuk tempat ibadah, masjid ini juga dijadikan sebagai objek wisata. Sebab masjid ini bersebelahan dengan makam raja-raja Kerajaan Mataram.

Referensi:
●Zein, Abdul Baqir. 1999. Masjid-masjid Bersejarah di Indonesia. Jakarta: Gema Insani Press.
Masjid Kotagede. http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id/ngayogyakartah…/…/333. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2018 pukul 09.33 WIB.
●Masjid Kotagede Yogyakarta. https://www.njogja.co.id/bantul/masjid-kotagede-yogyakarta/. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2018 pukul WIB.
●Thohari, Hamim. 2015. Masjid Gede Mataram di Kotagede, Destinasi Wisata Religi Muslim Bernilai Sejarah Tinggi http://www.tribunnews.com/…/masjid-gede-mataram-di-kotagede…. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2018 pukul 09.38 WIB.
●Tribun Jogja. 2014. Jejak Sejarah Masjid Tertua di Yogyakarta. http://www.tribunnews.com/…/jejak-sejarah-masjid-tertua-di-…. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2018 pukul 09.44 WIB.
●Official NET News. 22 Mei 2015. Pesona Islami Masjid Mataram Kotagede-Net 5. https://www.youtube.com/watch?v=X827q_Y4Cas. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2018 pukul 09.04 WIB.

©FajrStudio
Masjid Mardliyyah UGM

Ikuti akun Masjid Mardliyyah UGM:
🖥 facebook.com/FOSDAMMrdliyyah/
🎥 youtube.com/c/MasjidMardliyyahUGM
📷 instagram.com/mmardliyyahugm/
🎙 t.me/mmardliyyahugm
📲 line.me/R/ti/p/%40nsb2585g
🌐 mardliyyahugm.com
📞 081225334282

#WisataReligi #MMWisataReligi #Oktober2018 #MasjidJogja #Bantul #MasjidMataramKotagede #FajrStudio #MasjidMardliyyahUGM #backtomasjid #WisataJogja #exploreJogja #mosqueoftheworld #architecture #mosquetraveler #indonesianmosque #masjidindonesia #travel #Graphicdesign #design

Posted in Reportase, Rihlah, Wisata Religi and tagged , , , , , , , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *