WR (19) : Masjid Mardliyyah UGM, Masjid Kampus Pertama di Universitas Gadjah Mada

Beberapa pekan lalu kita telah menjelajahi masjid-masjid agung yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pekan ini kita akan memulai penjelajahan baru ke masjid-masjid kampus yang ada di provinsi tersebut. Masjid pertama yang akan kita jelajahi yaitu Masjid Mardliyyah UGM. Sebuah masjid yang menjadi “rumah” bagi akun ini.Masjid Mardliyyah UGM merupakan masjid kampus pertama yang ada di Universitas Gadjah Mada (UGM). Status masjid ini sebagai “masjid kampus UGM” tertera dalam akta notaris pendirian masjid ini. Terlebih masjid ini resmi didirikan di atas tanah milik UGM pada tanggal 1 Mei 1968. Tujuan pendirian masjid ini adalah untuk menyebarkan agama Islam di kalangan sivitas akademika UGM dan masyarakat umum.

Masjid Mardliyyah UGM terletak di selatan RSUP Dr. Sardjito. Di depan masjid ini terdapat halte Trans Jogja. Halaman masjid ini terbilang sangat luas sehingga sering dijadikan tempat parkir. Sementara bangunan masjid ini terletak agak menjorok ke dalam sehingga tidak terlihat jelas dari luar gerbang masjid. Jika sekilas melewati masjid ini, mungkin banyak yang tidak akan mengira ada masjid yang berada di sini. Meski begitu, masjid ini selalu ramai oleh jamaah. Entah untuk beribadah, mendatangi kajian, atau belajar agama. Selain ruang utama, masjid ini juga difasilitasi dengan ruang kelas dan perpustakaan.

Setelah lima puluh tahun berdiri, pun setelah beberapa kali sudah dilakukan peletakan batu pertama, pertengahan tahun 2018 ini pun Masjid Mardliyyah UGM resmi direnovasi. Alasan perenovasian masjid ini karena jumlah jamaah yang kian berkembang setiap tahunnya sehingga dianggap tidak mampu menampung jamaah. Semua kegiatan yang ada di masjid ini, termasuk perpustakaan pun harus dipindahkan ke beberapa tempat di sekitar UGM. Rencananya masjid ini akan dijadikan islamic center yang nantinya akan dinamai Mardliyyah Islamic Center (MIC).

Lima puluh tahun berdiri, banyak kenangan yang tercipta di Masjid Mardliyyah UGM. Kenangan berbeda-beda yang dirasakan oleh setiap jamaah dan orang-orang yang sering beraktivitas di masjid ini. Meski sedang mengalami renovasi, meski bangunannya telah berganti puing, tetapi masjid ini masih dirindukan oleh mereka, para jamaah Masjid Mardliyyah UGM.

Referensi:
– Admin. Profil. http://mardliyyahugm.com/profil/. Diakses pada tanggal 22 Desember 2018 pukul 08.00.
– Satria. 2018. Pembangunan Mardliyyah Islamic Center Resmi Dimulai. https://www.ugm.ac.id/…/16648-pembangunan.mardliyyah.islami…. Diakses pada tanggal 22 Desember 2018 pukul 08.00.
.
©FajrStudio
Masjid Mardliyyah UGM
.
Ikuti akun Masjid Mardliyyah UGM:
🖥facebook.com/FOSDAMMrdliyyah/
🎥youtube.com/c/MasjidMardliyyahUGM
📷instagram.com/mmardliyyahugm/
🎙t.me/mmardliyyahugm
📲line.me/R/ti/p/%40nsb2585g
🌐mardliyyahugm.com
📞 081225334282

#WisataReligi#MMWisataReligi#desember2018#MasjidJogja#MasjidKampus#masjidUGM#FajrStudio#MasjidMardliyyahUGM#backtomasjid#WisataJogja#explorejogja#merawatjogja#mosqueoftheworld#architecture#mosquetraveler#indonesianmosque#masjidindonesia#design#graphicdesign

Posted in Artikel Fajr Studio, Reportase, Rihlah, Wisata Religi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *