MS #16 : Be The Best Version of You


“Aku tahu rezekiku tidak akan diambil orang lain, karena itu hatiku selalu tenang. Aku tahu amalku tidak akan dikerjakan orang lain, kerana itulah aku sibuk beramal shalih. Aku tahu Allah Ta’ala selalu memperhatikanku, karena itulah aku malu jika Allah melihatku sedang dalam maksiat. Dan aku tahu kematian itu sudah menungguku, karena itulah aku selalu menambah bekal untuk hari pertemuanku dengan Allah.” (Hasan Al-Bashri)

_____________

Ada yang fasih bicaranya dan pandai dalam mengajak orang berbuat baik. Ada yang tidak pandai bicaranya tetapi cekatan dalam amalnya. Ada yang tidak suka menampakkan dirinya tetapi diam-diam berkarya untuk umat. Ada yang dikaruniakan harta berlebih lalu senang membelanjakan hartanya untuk orang papa. Ada yang tidak berpunya tetapi ridho dan sabar atas ketetapan Rabb-Nya.

Adalah suatu karunia, mengapa Allah jadikan ajal manusia sebagai suatu yang gaib atau rahasia. Dengan begitu, manusia senantiasa sibuk mempersiapkan dirinya untuk sewaktu-waktu berjumpa menghadap Rabb-Nya. Entah itu pagi, siang, ataupun malam.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam pernah bersabda,
“…Maka demi Allah yang tiada Ilah selain-Nya, ada seseorang diantara kalian yang mengerjakan amalan ahli surga sehingga tidak ada jarak antara dirinya dan surga kecuali sehasta saja, kemudian ia didahului oleh ketetapan Allah lalu ia melakukan perbuatan ahli neraka dan ia masuk neraka. Ada diantara kalian yang mengerjakan amalan ahli neraka sehingga tidak ada lagi jarak antara dirinya dan neraka kecuali sehasta saja. kemudian ia didahului oleh ketetapan Allah lalu ia melakukan perbuatan ahli surga dan ia masuk surga.” (HR. Bukhari)

Untuk itu, beliau mengajarkan kita untuk senantiasa berdo’a, “Ya Allah, jadikanlah usiaku yang paling baik adalah penghujungnya. Dan amal yang terbaik adalah pada pungkasannya. Dan hari-hari yang terbaik adalah di mana hari-hari saya bertemu dengan-Mu.”

Pernah dengar kalimat tentang “setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing?” Ya, demikian juga Allah jadikan takdir manusia berbeda-beda dalam meraih surga.

Di antara hamba-hamba-Nya ada yang Allah karuniakan tampuk kuasa dan Allah jadikan jabatan sebagai wasilah dia menuju surga yaitu menjadi pemimpin yang adil.

Di antara hamba-hamba-Nya, ada yang Allah karuniakan dengan kepiawaian dan ketekunan dalam berdagang, supaya dengannya ia mampu meraih surga dengan menjadi pedangang yang jujur lagi adil.

Ada pula yang tidak Allah karuniai keduanya, jabatan dan harta, namun dalam menjalani hidupnya cukup dengan iman. Karena iman selalu menghadirkan ketenangan. Tenang, karena Allah lah yang menjamin dan mencukupkan rezeki.

Maka sebetulnya, tak perlulah membandingkan hidup kita dengan orang lain. Sebab, Allah telah menciptakan manusia dengan beragam potensi.

Biar saja, temanmu lihai berbicara di depan podium menyuarakan kebaikan. Karena itu adalah karunia yang Allah beri padanya. Namun, jangan sekalipun mengecilkan karunia yang Allah beri padamu. Jika bakat dan potensimu ada di editing video, maka tekunilah dan yakinlah bahwa kelak karyamu akan mampu menggerakkan hati ribuan bahkan jutaan manusia. Biidznillah.
Begitu juga dengan yang lain.

Bahwa sejatinya hidup adalah untuk mempersembahkan yang terbaik dan menjadi sebaik-baik hamba-Nya. Maka, manfaatkanlah setiap momentum untuk kebaikan, dan syukurilah apa yang Allah hadirkan dalam hidupmu 🙂
Semangat berlomba-lomba dalam kebaikan.

____

Ya Allah, hanya dengan ridho-Mu…
Semoga aku mampu menghadap-Mu dalam kondisi terbaikku, dan dengan sebaik-baik amalku. Aamiin

Wallahu a’lam.

Referensi:
Hasyim, Shalih. memahami Arah Perjalanan Kehidupan Kita (1). https://m.hidayatullah.com/kajian/tazkiyatun-nafs/read/2013/11/19/7373/memahami-arah-perjalanan-kehidupan-kita-1.html. Diakses pada 21 Januari 2019 pukul 17.20

©Fajr Studio
Masjid Mardliyyah UGM

Ikuti akun Masjid Mardliyyah UGM:
🖥 facebook.com/FOSDAMMrdliyyah/
🎥 youtube.com/c/MasjidMardliyyahUGM
📷 instagram.com/mmardliyyahugm/
🎙 t.me/mmardliyyahugm
📲 line.me/R/ti/p/%40nsb2585g
🌐 mardliyyahugm.com
📞 081225334282

#MenjedaSejenak #MMmenjedasejenak #FajrStudio #MasjidMardliyyahUGM #januari2019 #thebestversion #muslimsejati #husnuzhan #tauhid #indonesiabertauhid #inkscapefordawah #motivasiIslam #nasehat #posternasehat #flatdesign #graphicdesign #design #illustration

Posted in Artikel Fajr Studio, Menjeda Sejenak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *