WR (23) : Masjid Al Mujahidin, Universitas Negeri Yogyakarta

Masjid Al-Mujahidin UNY terletak di Jalan Colombo, Karangmalang, Caturtunggal, Depok, Sleman. Masjid yang terkenal dengan sebutan “Masmuja” ini sudah ada sejak tahun 1970-an. Namun, masjid yang memiliki dua lantai ini sudah mengalami tiga kali renovasi. Peresmian kembali masjid ini dilakukan pada tanggal 21 Mei 2010 oleh Muhammad Nuh, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas). Perenovasian masjid ini bertujuan memenuhi kebutuhan kurikuler, kelancaran perkuliahan Pendidikan Agama Islam yang membutuhkan ruang khusus. Serta memenuhi kebutuhan ibadah civitas akademika UNY dan umat Islam yang ada di sekitar UNY.

Dari berbagai sumber, tidak ada yang menyebutkan secara pasti terkait makna penggunaan nama “al-mujahidin” pada Masjid Al-Mujahidin UNY. Namun, bagi Ginanjar, Ketua Takmir Masjid Al-Mujahidin tahun 2018/2019 ini mengatakan bahwa nama “al-mujahidin” menjadi pemantik bagi para takmir untuk bersungguh-sungguh dalam melayani jamaah masjid ini. Lalu segi arsitektur, Masjid Al-Mujahidin UNY disangga oleh tujuh tiang penyangga. Dinding masjid ini terdapat beberapa ornamen kaligrafi yang bertuliskan ayat Alquran dan asmaul husna. Sementara lantai masjid ini terbuat dari keramik marmer.

Selain itu, hal yang menarik lainnya dan menjadi ciri khas Masjid Al-Mujahidin UNY ini adalah letak dua menara di depan masjid. Serta keberadaan makam warga di samping masjid yang mengingatkan kepada para jamaah bahwa hidup manusia hanya sementara dan semua manusia akan kembali kepada Sang Ilahi. Selain itu, jika kita bertandang ke masjid ini, mungkin kita akan kebingungan memarkirkan kendaraan. Sebab, tempat parkirnya terletak di belakang masjid. Di sana juga terdapat gedung Islamic Education Center (IEC) yang digunakan sebagai pusat pembinaan kader dan peningkatan tsaqofah islamiyah. Ada beberapa ruangan di IEC ini, yaitu ruang perpustakaan, ruang kelas, ruang tutorial asistensi agama Islam, ruang lembaga pendidikan serta ruang takmir Masjid Al-Mujahidin UNY.

Selain IEC, Masjid Al-Mujahidin UNY memiliki fasilitas lainnya yang dapat dimanfaatkan jamaah. Pertama, Lazis Al Mujahidin yang memfasilitasi jamaah dalam hal penyaluran zakat, infaq, dan shodaqoh. Kedua, Perpustakaan Mujahidin yang berada di gedung IEC. Ada banyak koleksi buku yang dimiliki perpustakaan masjid ini. Seperti novel, buku tentang aqidah, fiqih, karya tulis aktivis dakwah kampus, muamalah, sejarah, dan lainnya. Ketiga, Lembaga Pendidikan Islam Mujahidin (LPIM) yang memfasilitasi jamaah untuk memperdalam pengetahuan keislamannya dengan program madrasah thulabiyah, bahasa Arab, tahsin, dan tahfidz. Keempat, Unit Usaha Mujahidin, yang terletak di utara IEC. Di sini jamaah dapat membeli beraneka produk jajanan serta menyediakan kebutuhan mahasiswa. Serta menjadi sarana pengembangan wirausaha mahasiswa. Selain fasilitas tersebut, masjid seluas 40 x 24 meter persegi ini juga sering mengadakan berbagai kajian. Baik kajian tematik maupun kajian yang dilakukan selepas Maghrib.

Berbagai fasilitas tersebut menjadikan Masjid Al-Mujahidin UNY tidak hanya berfokus pada aspek ibadah salat, tetapi juga aspek keislaman lainnya. Tidak heran jika masjid ini tidak pernah sepi dari jamaah. Apalagi adanya meja kecil serta stop kontak yang ada di lantai dua menjadikan masjid ini tempat yang nyaman untuk mengerjakan tugas atau berhalaqah. Pun jika kita merasa kehausan, kita dapat menikmati air dari galon yang telah disediakan.

Referensi:
● Mamnun, Ginanjar Ghoiru. 2019. Wawancara Tentang Masjid Al-Mujahidin UNY, WhatsApp, 70 menit.
● Witono. 2010. Mendiknas Resmikan Masjid Al-Mujahidin UNY. https://www.uny.ac.id/berita//mendiknas-resmikan-masjid-al-mujahidin-uny. Diakses pada tanggal 25 Januari 2019 pukul 06.41 WIB.

©Fajr Studio
Masjid Mardliyyah UGM

Ikuti akun Masjid Mardliyyah UGM:
🖥 facebook.com/FOSDAMMrdliyyah/
🎥 youtube.com/c/MasjidMardliyyahUGM
📷 instagram.com/mmardliyyahugm/
🎙 t.me/mmardliyyahugm
📲 line.me/R/ti/p/%40nsb2585g
🌐 mardliyyahugm.com
📞 081225334282

#WisataReligi #MMWisataReligi #januari2019 #MasjidJogja #MasjidKampus #masjidUNY #FajrStudio #MasjidMardliyyahUGM #MasjidKampusUNY #MasjidAlMujahidin #Masmuja #backtomasjid #WisataJogja #explorejogja #mosqueoftheworld #architecture #mosquetraveler #indonesianmosque #masjidindonesia #design #graphicdesign

Posted in Reportase, Rihlah, Wisata Religi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *