WR (25) : Masjid Kampus 1, Universitas Teknologi Yogyakarta


Pekan ini kita akan menjelajahi Masjid Kampus 1 Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), yang ada di Jalan Ring Road Utara, Mlati Krajan, Sendangadi, Mlati, Kabupaten Sleman. Sebuah masjid kampus yang berarsitektur seperti Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta. Pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 2013 atas inisiasi oleh Alm. Prof. Bambang Hartadi, yang saat itu menjabat sebagai Rektor UTY. Peletakan batu pertama pembangunan masjid ini dihadiri oleh Ustadz Yusuf Mansur dan Muhammad Nuh yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Masjid Kampus 1 UTY diresmikan pada tanggal 25 Juni 2017 oleh Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti). Pembangunan masjid ini bertujuan sebagai tempat beribadah dan pembinaan mental spiritual, terutama bagi keluarga besar UTY. Pembinaan spiritual tersebut merupakan rangkaian upaya untuk membentuk pribadi unggul baik secara fisik, spiritual, maupun psikologi.

Dari segi arsitektur, desain Masjid Kampus 1 UTY terinspirasi dari Masjid Istiqlal. Karena desain Masjid Istiqlal sesuai dengan karakteristik dan kultur UTY yang dinamis serta selalu ingin maju. Kekhasan Masjid Istiqlal ini terlihat dari bangunan masjid yang dominan warna putih. Mulai dari bagian luar yang bertiang banyak mengitari bangun. Serta atap masjid berbentuk kubah yang begitu khas gaya Masjid Istiqlal. Tidak heran jika masjid ini juga disebut dengan Masjid Istiqlal mini.

Memasuki bagian dalam Masjid Kampus 1 UTY, kita akan takjub dengan bangunan masjid yang begitu megah, tetapi hanya memiliki satu lantai. Padahal, jika dilihat dari luar, mungkin orang-orang tidak akan menyangka masjid ini hanya memiliki satu lantai. Interior masjid ini pun masih dominan warna putih ditambah aksen berwarna merah di bagian jendela. Selain itu, sisi tengah masjid terdapat empat tiang besar berwarna putih.

Bagian dalam Masjid Kampus 1 UTY terasa begitu sejuk yang disebabkan oleh bentuk jendela yang terbuat dari kaca. Beberapa kipas angin yang berdiri di beberapa bagian saf perempuan dan laki-laki. Serta adanya taman yang tertata rapi di sekitar masjid. Selain itu, jika merasa kehausan, kita dapat menikmati air galon yang terletak di pintu masuk masjid. Suasana masjid ini pun cukup ramai. Karena, sesuai dengan tujuan pembangunannya, masjid ini tidak hanya digunakan untuk tempat beribadah, tetapi juga untuk kegiatan keislamanan lainnya. Jadi, tidak ada salahnya untuk bertandang ke sini. Entah sekadar untuk beribadah, maupun untuk menikmati suasana miniatur Masjid Istiqlal ini.

Referensi:
● Purwata, Heri. 2013. UTY Tradisikan Shalat Hajat dan Dhuha di Kampus (1). https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/13/02/05/mhqi6e-uty-tradisikan-shalat-hajat-dan-dhuha-di-kampus-1. Diakses pada tanggal 8 Februari 2019 pukul 16.45 WIB.
● Razak, Abdul Hamied. 2013. UTY Bangun Masjid Lima Lantai Senilai Rp7 Miliar. http://old.solopos.com/2013/07/14/uty-bangun-masjid-lima-lantai-senilai-rp7-miliar-425700. Diakses pada tanggal 8 Februari 2019 pukul 13.10 WIB.
● Sudjatmiko, Tomi. 2017. Usai Pimpin Salat Id, Menteri Nasir Resmikan Masjid UTY. https://krjogja.com/web/news/read/36507/home3.html. Diakses pada tanggal 8 Februari 2019 pukul 14.45 WIB.

©Fajr Studio
Masjid Mardliyyah UGM

Ikuti akun Masjid Mardliyyah UGM:
🖥 facebook.com/FOSDAMMrdliyyah/
🎥 youtube.com/c/MasjidMardliyyahUGM
📷 instagram.com/mmardliyyahugm/
🎙 t.me/mmardliyyahugm
📲 line.me/R/ti/p/%40nsb2585g
🌐 mardliyyahugm.com
📞 081225334282

#WisataReligi #MMWisataReligi #februari2019 #MasjidJogja #MasjidKampus #masjidUTY #FajrStudio #MasjidMardliyyahUGM #MasjidKampus1UTY #istiqlalmini #backtomasjid #WisataJogja #explorejogja #mosqueoftheworld #architecture #mosquetraveler #indonesianmosque #masjidindonesia #design #graphicdesign

Posted in Reportase, Rihlah, Wisata Religi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *