WR (26) : Masjid Suciati Saliman, Masjid Bernuansa Timur Tengah

Beberapa pekan lalu kita telah menjelajahi masjid yang ada di beberapa kampus di Yogyakarta. Pekan ini kita akan menjelajahi Masjid Suciati Saliman. Sebuah masjid yang berada di Jalan Gito Gati, Pandowoharjo, Sleman. Masjid ini pertama kali diresmikan pada tanggal 13 Mei 2018. Nama masjid ini diambil dari nama pengusaha ayam yaitu Hj. Suciati Saliman Riyanto Raharjo. Sejak SMP Hj. Suciati Saliman Riyanto Raharjo memang sudah bercita-cita ingin membangun masjid yang menyerupai Masjid Nabawi. Cita-cita tersebut pun mulai terealisasi pada tanggal 2 Agustus 2015 ketika peletakan batu pertama masjid ini.

Dari segi arsitektur, desain Masjid Suciati Saliman begitu kental dengan nuansa Timur Tengah yang dibalut arsitektur Jawa. Kemegahan begitu terasa dari bangunan berlantai empat ini. Pemilihan empat lantai ini juga sengaja dipilih agar menyerupai desain Masjid Nabawi. Lantai pertama digunakan sebagai basement. Sementara tiga lantai lainnya digunakan untuk gedung serbaguna, tempat salat, kegiatan keagamaan, ruang rapat, ruang sekretariat, dan area makan.

Nuansa Jawa terlihat dari desain atap yang berbentuk limas yang dikelilingi lima menara menjulang tinggi. Lima menara yang terdiri dari satu menara induk dan empat menara anak yang melambangkan jumlah salat wajib. Nuansa Jawa juga terlihat dari pintu masjid yang berjumlah sembilan. Hal ini melambangkan jumlah walisongo yang menyebarkan agama Islam di Jawa.

Selain bernuansa Jawa, pintu masjid juga kental dengan nuansa Timur Tengah. Hal ini terlihat dari sembilan pintu masjid yang berlapis emas seperti Masjid Nabawi. Kemegahan masjid ini tidak hanya terasa dari bangunannya, tetapi juga dari interior masjid yang menggunakan dominasi marmer Madagasar, marmer asal Cibitung, dan dipadukan dengan ornamen batu dari Muntilan. Hal yang menarik dari masjid ini yaitu adanya akses lift menuju tiap lantainya. Namun, ketika masjid ini ramai, lift hanya boleh dipergunakan untuk difabel dan lanjut usia.

Meskipun belum genap berumur satu tahun, Masjid Suciati Saliman sudah mulai dikenal oleh banyak orang, baik dari Jogja maupun luar Jogja. Tidak heran jika masjid ini begitu ramai oleh jamaah. Selain itu, sudah banyak kegiatan keagamaan yang diadakan di masjid ini. Baik yang diadakan Masjid Suciati Saliman sendiri, maupun dari pihak luar masjid.

Referensi:
• Hanafi, Ristu. 2018. Melihat Desain Masjid Megah yang Dibangun Suciati di Sleman. https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4043463/melihat-desain-masjid-megah-yang-dibangun-suciati-di-sleman. Diakses pada tanggal 16 Februari 2019 pukul 16.18 WIB.
• Hanafi, Ristu. 2018. Suciati, Jualan 5 Ekor Ayam Hingga Bangun Masjid Megah di Sleman. https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4043438/suciati-jualan-5-ekor-ayam-hingga-bangun-masjid-megah-di-sleman. Diakses pada tanggal 15 Februari 2019 pukul 22.28 WIB.
• Netmediatama. 2018. Halal Living – berkunjung ke Masjid Besar Nan Megah di Sleman, Yogyakarta (2/3). https://www.youtube.com/watch?v=uIHJoAlNOAA&t=25s. Diakses pada tanggal 16 Februari 2019 pukul 15.19 WIB.
• Official NET News. 2018. Desain Masjid Suciati Saliman Yang Penuh Makna -NET12. https://www.youtube.com/watch?v=xkSKiCY0GFo. Diakses pada tanggal 15 Februari 2019 pukul 22.35 WIB.
• Redaksi WK. 2018. Masjid Suciati Saliman: Akulturasi Disain Timur Tengah – Jawa. https://wartakonstruksi.com/masjid-suciati-saliman-akulturasi-disain-timur-tengah-jawa/. Diakses pada tanggal 16 Februari 2019 pukul 16.45 WIB.

©Fajr Studio
Masjid Mardliyyah UGM
.
Ikuti akun Masjid Mardliyyah UGM:
🖥 facebook.com/FOSDAMMrdliyyah/
🎥 youtube.com/c/MasjidMardliyyahUGM
📷 instagram.com/mmardliyyahugm/
🎙 t.me/mmardliyyahugm
📲 line.me/R/ti/p/%40nsb2585g
🌐 mardliyyahugm.com
📞 081225334282

#WisataReligi #MMWisataReligi #februari2019 #MasjidJogja #Masjidjogja #FajrStudio #MasjidMardliyyahUGM #masjidsuciatisaliman #masjidnabawi #backtomasjid #WisataJogja #explorejogja #mosqueoftheworld #architecture #mosquetraveler #indonesianmosque #masjidindonesia #design #graphicdesign

Posted in Reportase, Rihlah, Wisata Religi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *