WR (27) : Masjid Pogung Dalangan

Masjid Pogung Dalangan terletak di Pogung Dalangan SIA XVI RT 11 RW 50 Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1973 di tanah wakaf seluas 150 meter persegi. Dua tahun setelahnya masjid ini baru dapat digunakan oleh masyarakat setempat. Pada awalnya masjid ini bernama Masjid Pogung karena hanya satu-satunya masjid yang ada di Pogung. Namun, seiring berjalannya waktu, mulai banyak bermunculan masjid-masjid lainnya di daerah Pogung. Hal itu membuat masjid ini berubah nama menjadi Masjid Pogung Dalangan.

Selama 44 tahun berdiri, masjid ini telah mengalami perluasan selama beberapa kali. Perluasan pertama Masjid Pogung Dalangan dilakukan pada tahun 1988 mengingat perkembangan jumlah jamaah yang semakin penuh. Setelah 21 tahun, pada akhir tahun 2009, masjid ini mengalami renovasi total atau membangun ulang. Hal ini dilakukan karena kondisi masjid yang semakin tua sementara jamaah semakin penuh. Pembangunan ini memakan waktu dua tahun sehingga pada tahun 2011 masjid ini sudah dapat digunakan kembali. Bahkan masjid ini pun telah memiliki dua lantai.

Lalu, pada akhir tahun 2014, jamaah masjid ini, terutama untuk kegiatan keagamaan terasa semakin banyak sehingga sering meluber ke jalan. Melihat hal ini, takmir masjid memutuskan untuk melakukan perluasan masjid ke arah selatan seluas 280-300 meter persegi. Namun, pembangunan ini tidak langsung dilakukan karena harus melakukan pembebasan tanah. Baru pada tahun 2017 hingga saat ini, pembangunan mulai dilakukan. Bukan hanya untuk memperluas masjid, melainkan membangun Rumah Tahfizh MPD.

Beberapa kali mengalami renovasi, tentu membuat arsitektur Masjid Pogung Dalangan ini mengalami perubahan yang signifikan. Seperti sebelum mengalami perluasan pada tahun 2016, masjid ini sekilas mirip dengan bangunan kantor. Namun, setelah mengalami perluasan, masjid ini sudah terlihat seperti bangunan masjid. Pun interior masjidnya sudah bergaya modern dan memunculkan kenyamanan bagi jamaah masjid. Bahkan banyak jamaah yang menyebut desain masjid ini seperti hotel. Selain itu, ciri khas masjid ini terlihat dari eksterior masjid yang terasa “teknik banget”, berbentuk balok-balok berkolom lurus dan besar. Di bagian halaman masjid juga terdapat sebuah menara yang menjulang tinggi.

Setelah memiliki wajah baru, Masjid Pogung Dalangan semakin ramai oleh jamaah. Bukan hanya untuk beribadah, melainkan mengikuti kegiatan keagamaan yang ada di masjid ini. Sebab, setiap harinya banyak kegiatan keagamaan yang terselenggara di masjid ini. Seperti kajian rutin yang diadakan pada hari Rabu-Senin, kampus takjil pada hari Senin dan Kamis. Lalu ada TPA pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Serta ada bimbingan belajar ceria, gerakan cinta Subuh, dan Jumat pagi berkah.

Selain kegiatan keagamaan yang begitu banyak, Masjid Pogung Dalangan juga memiliki akun media sosial dan website yang terbilang aktif. Hal ini memudahkan jamaah untuk mencari info seputar kajian atau hal-hal terkait masjid ini. Pun membuat jamaah untuk mengunjungi masjid ini. Entah untuk beribadah atau mengikuti kegiatan keagamaan yang terselenggara di masjid ini.

Referensi:
● Admin. Jadwal Kajian dan Kegiatan. https://masjidmpd.or.id/bimbel-ceria/. Diakses pada tanggal 23 Februari 2019 pukul 04.55 WIB.
● Admin. Kenali Kami. https://masjidmpd.or.id/kenali-kami/. Diakses pada tanggal 23 Februari 2019 pukul 04.45 WIB.
● Masjid Pogung Dalangan TV. 2018. Masjid Pogung Dalangan-MPD Dari Waktu Ke Waktu. https://www.youtube.com/watch?v=LdY9_inuKQ0. Diakses pada tanggal 23 Februari 2019 pukul 04.48 WIB.
● Narahubung Masjid Pogung Dalangan. 2019. Wawancara Tentang Masjid Pogung Dalangan, WhatsApp, 40 menit.

©Fajr Studio
Masjid Mardliyyah UGM

Ikuti akun Masjid Mardliyyah UGM:
🖥 facebook.com/FOSDAMMrdliyyah/
🎥 youtube.com/c/MasjidMardliyyahUGM
📷 instagram.com/mmardliyyahugm/
🎙 t.me/mmardliyyahugm
📲 line.me/R/ti/p/%40nsb2585g
🌐 mardliyyahugm.com
📞 081225334282

#WisataReligi #MMWisataReligi #februari2019 #MasjidJogja #MasjidsekitarUGM #FajrStudio #MasjidMardliyyahUGM #masjidpogungdalangan #masjidmpd #backtomasjid #WisataJogja #explorejogja #mosqueoftheworld #architecture #mosquetraveler #indonesianmosque #masjidindonesia #design #graphicdesign #pogungcity

Posted in Reportase, Rihlah, Wisata Religi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *